Gambaran Umum UPPM Polinela

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) adalah unit di Politeknik Negeri Lampung (Polinela) yang bertugas mengelola penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Dosen Polinela. UPPM memiliki deskripsi kerja sebagai unit penelitian dan unit pengabdian kepada masyarakat dengan harapan agar penelitian yang dilakukan di Polinela dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat luas, diharapkan pula dengan penyatuan tersebut maka peran UPPM dalam mendukung terwujudnya visi Polinela. Dalam melaksanakan kegiatannya, UPPM Polinela berada di bawah koordinasi Pembantu Direktur Bidang Akademik Polinela. Tugas yang diemban UPPM adalah memfasilitasi, mengkoordinasi, dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Polinela dari mulai usulan penelitian, pelaksanaan hingga laporan. Berpijak pada tugas tersebut maka peran pokok yang diemban UPPM Polinela adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Polinela secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Tugas dan Fungsi

Fungsi UPPM adalah sebagai unsur pelaksana akademik utamanya pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun tugas utama yang di emban oleh UPPM adalah membantu Direktur dalam hal :
1. Mengkordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan transfer teknologi yang di selenggarakan oleh Jurusan, Program Studi, Dosen atau Kelompok Dosen.
2. Merumuskan, mengkordinasikan, menyelenggarakan, membina, serta mengembangkan kerjasama bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pihak lainnya.
3. Mengelola kegiatan desiminasi hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Politeknik Negeri Lampung.
4. Ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumber daya yang di perlukan untuk kegitan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan transfer teknologi serta kerjasama dengan pihak lain.